Beranda Android Cara Melacak Handphone Menggunakan Imei,apakah bisa ?

Cara Melacak Handphone Menggunakan Imei,apakah bisa ?

0

Cara Melacak Handphone Menggunakan Imei,apakah bisa ? – Handphone merupakan benda penting dalam kehidupan manusia di jaman sekarang. Lalu bagaimana jika handphne kita hilang ? tentu ini menjadi masalah besar, data-data penting kita berada dihandphone tersebut. Seperti Akun Sosial Media serta foto-foto milik pribadi yang bisa saja disalah gunakan untuk tindak kriminal. Lalu,Bagaimana mencari handphone kita yang sudah hilang ? Apakah bisa menggunakan imei ?

Sebelum mengulas melacak handphone yang hilang, alangkah baiknya kalian harus tahu bagaimana mengetahui imei handphone kita,cara mengecek imei handphone sebagai berikut :

 Untuk mengetahui imei handphone kita ada beberapa cara, seperti :

Menggunakan *#06#

Cara yang pertama mencek imei kita adalah menggunakan dial *#06#. Ketikkan angka tersebut pada keypad maka otomatis akan muncul popup yang memberitahu imei kalian.

Lewat Kotak Handphone

Kita dapat mengetahui imei handphone kita dengan melihat dibagian kotak handphone.

Baca : Wow,Call Of Duty Mobile Segera Rilis di Indonesia 

Lalu,apakah bisa melacak handphone menggunakan imei ?

IMEI Dibuat memilik beberapa tujuan,salah satunya untuk mengurangi tingkat pencurian handphone. Maksud mengurangi tingkat pencurian handphone disini bukan berarti kita dapat melacak sendiri menggunakan aplilkasi gratis yang dengan mudah kita download dimana-mana.

Di Intenet maupun di Play Store,banyak aplikasi yang mengaku bahwa mereka bisa melacak handphone yang hilang menggunakan imei.

Jaka sudah mencoba beberapa cara dan metode, tapi tidak ada satupun yang berhasil melacak lokasi HP secara tepat.

Hasil Percobaan yang dilakukan Jaka

Jaka berusaha membuktikan bahwa IMEI bisa digunakan untuk melacak nomor HP. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Android.

Yang pertama adalah IMEI Tracker. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan memiliki nilai 3.5 dengan jumlah unduhan lebih dari satu juta kali.

Aplikasi ini memiliki fitur yang menarik. Jadi, kita bisa mengaktifkan fungsi di mana kita bisa mendapatkan lokasi HP kita ketika hilang.

Caranya, adalah dengan menggunakan SMS. Kamu harus meminjam HP temanmu dan mengetikkan kata getlostphone.

Setelah mengetikkan pesan tersebut ke nomor HP kita yang hilang, seharusnya kita akan mendapatkan balasan pesan yang menjelaskan lokasi HP kita.

Kenyataannya, Jaka tidak mendapatkan balasan apapun setelah menunggu beberapa saat. Bahkan dari hasil riset, ada yang pernah berhasil tapi harus menunggu kurang lebih satu bulan.

Aplikasi kedua yang Jaka coba adalah AntiTheft APP & IMEI Tracker yang hanya tersedia di APK Pure.

Aplikasi ini berisikan banyak iklan yang lumayan mengganggu. Kita hanya diminta untuk memasukkan nomor IMEI untuk melacak handphone yang hilang.

Hasilnya? Pada awalnya, aplikasi ini terlihat berhasil karena menunjukkan lokasi handphone dengan benar.

Akan tetapi, ketika dicoba menggunakan IMEI yang berada jauh dari tempat Jaka, aplikasi ini menampilkan lokasi yang sama dengan lokasi sebelumnya.

Jaka sempat me-refresh aplikasi untuk menguji ulang, akan tetapi aplikasi ini tetap menampilkan lokasi awal kita, yang kemungkinan besar adalah lokasi handphone yang menggunakan aplikasi tersebut.

Dari dua percobaan tersebut, Jaka menyimpulkan bahwa kita tidak bisa melacak handphone dengan menggunakan IMEI.

Baca : Tempat wisata instagramable di Blitar wajib dikunjungi!

Mengapa Imei tidak bisa digunakan untuk melacak hp ?

Karena IMEI hanya berfungsi sebagai identitas handphone. Imei hampir sama dengan NIK yang berada di e-KTP kita. Yaitu hanya membedakan orang dengan orang yanglainnya.

Cara yang efektif untuk melacak Smartphone bisa menggunakan teknologi GPS. GPS dapat memberitahukan letak handphone kita selama handphone itu masih terkoneksi dengan internet.

Maka dari itu,disimpulkan bahwa melacak handphone menggunakan IMEI TIDAK BISA DILAKUKAN dengan menggunakan aplikasi gratis.

Baca : 3 Cara Berikut Bisa membuka iCloud yang Terkunci

Cara Melacak Handphone Menggunakan IMEI

IMEI dapat dipergunakan untuk mengetahui posisi handphone kita yang hilang melalui teknologi khusus.

Silahkan mendatangi Provider atau Customer service agar pihak mereka dapat membantu menemukan smartphone kita berdasarkan IMEI.

Provider bisa melakukan Blocking terhadap penggunaan jaringan mereka,sehingga membuat mereka tidak bisa mengakses jaringan internet.

Atau,Kalian juga bisa melaporkan kepada pihak yang berwajib (pihak kepolisian) untuk membuat laporan kehilangan. serta menyerahkan IMEI smartphone kita sebagai barang bukti untuk menandakan bahwa Smartphone itu benar-benar milikmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here