Beranda Tutorial Ini Dia Cara agar baterai laptop awet dan Tahan Lama

Ini Dia Cara agar baterai laptop awet dan Tahan Lama

0

Cara Agar Baterai Laptop Awet Dan Tahan Lama – Pada umumnya baterai laptop memiliki 2 jenis yaitu yang bisa dilepas atau yang tanam (tidak bisa dilepas kecuali dengan cara membongkar laptop) dari 2 jenis baterai tersebut memiliki persamaan dalam hal perawatan. Jika anda ingin baterai laptop anda awet dan tahan lama ikutilah langkah langkah dan tips berikut ini.

Ini Dia Cara Agar Baterai Laptop Awet Dan Tahan Lama

Cara agar baterai laptop awet dan tahan lama

Baterai laptop baik yang bisa dilepas atau yang tanam dapat awet dan tahan lama jika anda merawat dan memperlakukannya dengan cara yang baik dan benar. Karena baterai laptop sangat rentan pada hal hal yang menurut anda itu sepele, Tapi tidak justru dapat membahayakan baterai laptop anda.

 

1. Hindari Baterai Laptop Anda Dari Guncangan

Guncangan atau getaran yang keras akan membuat perangkat yang ada didalam baterai menjadi rusak atau terlepas, Kenapa bisa? karena didalam baterai lapto masih memiliki baterai baterai kecil lagi yang saling berhubungan dan rentan terhadap guncangan yang dapat membuat sambungan dan penghubung bateri kecil tersebut menjadi terlepas. Sebaiknya anda menjaga laptop anada dari guncangan keras.

2. Tidak Berlebihan Dalam Mengisi Daya

Hal yang satu ini menjadi salah satu penyebab paling banyak rusaknya baterai laptop, Karena dengan mengisi daya hinggal full akan membuat baterai laptop anda menjadi over daya sehingga akan menyebakan bocornya baterai laptop anda.Hal ini sering terjadi ketika anda lupa melepaskan pengisian daya ketika malam hari atau ketika ditinggal berpergian. Anda tidak perlu khawatir jika laptop anda sudah didukung dengan fiture auto cut charger yang membuat laptop anda memutuskan penghubung antara adaptor ke baterai secara otomatis ketika baterai telah terisi penuh hingga 100%.

Bagaimana cara mengecek apakah laptop saya ada fiture auot cut charger? Silahkan anda coba saja mengisi daya laptop anada hingga full apakah akan berhenti mengisi daya secara otomatis atau tidak.

3. Tidak Memaksakan Baterai

Memaksakan baterai disini dalam artian menggunakan komputer ketika baterai hampir habis antara 10% – 0% Tipsnya yaitu jangan paksakan jika dapat melakukann pengisian daya sebaiknya anda lakukan pengisian daya terlebih dahulu atau tidak matikan saja terlebih dahulu laptop anda ketika tidak dapat mengisi daya pada saat itu.

4. Tidak Menjalankan Laptop Ketika Di Charger

Pada saat andan melakukan pengisian daya sebaiknya jangan gunakan laptop anda sebelum anda berhenti mengisi daya. Hal ini dapat menyebabkan rusaknya pada perangkat baterai anda.

5. Tidak Menggunakan Charger KW atau bukan ori khusus untuk seri laptop anda.

Karena penggunaan setiap laptop yang berbeda serinya berbeda juga ampere yang dibutuhkan untuk mengisi daya. Jika anda terpasa untuk memakai charger tidak ori maka ada baiknya anda perhatikan amperenya jangan sampai lebih dari kebutuhan laptop anda.

Itu tadi sedikit tips mengenai bagaimana cara agar baterai laptop awet dan tahan lama. Ikuti tips diatas jika anda ingin baterai laptop anda tidak bocor atau cepat habis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here