Beranda Pendidikan Ini Dia Ilmu Pendidikan Seni yang Harus Dipelajari

Ini Dia Ilmu Pendidikan Seni yang Harus Dipelajari

0

Siapa yang Tidak Ingin Berkembang dan Belajar Dari Banyak Ilmu? Ini Dia Ilmu Pendidikan Seni yang Harus Dipelajari! – Pendidikan seni merupakan segala usaha untuk meningkatkan kemampuan kreatif ekspresif anak didik dalam mewujudkan kegiatan artistiknya berdasarkan aturan-aturan estetika tertentu. Selain hal itu, pendidikan seni di sekolah dasar bertujuan menciptakan cipta rasa keindahan dan kemampuan mengolah menghargai seni. Melalui sebuah seni, kemampuan cipta, rasa dan karsa anak diolah dan dikembangkan.

Pendidikan seni

Pendidikan seni ialah mengolah berbagai keterampilan berpikir. Hal itu meliputi ketrampilan kreatif, inovatif, dan kritis. Ketrampilan ini diolah melalui cara belajar induktif serta deduktif secara seimbang. Dunia anak yaitu dunia bermain. Salah satu fungsi seni yakni sebagai media bermain. Oleh karena itu, aktivitas berolah seni bisa dikembangkan melalui bermain. 

Melalui bermain kemampuan mencipta atau berkarya, bercita rasa estetis serta berapresiasi seni diperoleh secara menyenangkan. Melalui kondisi menyenangkan seperti inilah anak akan mengulang setiap aktivitas belajarnya secara mandiri dan akan menjadi kebiasaan dan keinginan terhadap pendidikan seni.

Pendidikan seni rupa

Pendidikan seni rupa sebenarnya istilah yang relatif baru digunakan dalam dunia persekolahan. Pada mulanya digunakan istilah menggambar. Penggunaan istilah pengajaran menggambar ini berlangsung cukup lama sehingga selanjutnya diganti dengan istilah pendidikan seni rupa. 

Materi pelajaran yang diberikan tidak hanya menggambar nanum beragam jenis bidang seni rupa yang lain seperti mematung, mencetak, menempel dan juga apresiasi seni. Tujuan pengajaran menggambar di sekolah ialah untuk menjadikan anak pintar menggambar melalui latihan koordinasi mata dan tangan.

Pendidikan seni ialah sarana untuk pengembangan kreativitas anak. Pelaksanaan pendidikan seni bisa dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan pendidikan seni bisa dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan pendidikan seni bukan untuk membina anak-anak menjadi seorang seniman, melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Seni ialah aktifitas permainan, melalui permainan bisa mendidik anak dan membina kreativitasnya sedini mungkin.

Pendidikan seni ialah pemahaman estetika keindahan dan pengungkapan kembali estetika dalam sebuah karya seni. Memahami estetika yakni peristiwa memasukkan estetika melalui pengindraan rasa dan pikir untuk mengobyektifikasikan. 

Belajar seni atau estetika melalui metode kontruktivisme yaitu peserta didik akan mendapatkan objek keindahan melalui pengalaman langsung, anak akan mengamati sebuah karya seni, dan akhirnya mampu mencontoh atau menirukan sehingga merasakan dan mengalami indahnya proses, bentuk dan hasilnya. Keindahan ini dapat dirasakan tetapi sulit dikatakan, dengan bahasa kata melainkan bahasa simbol, jadi keindahan ialah sebuah simbol-simbol objektifikasi dalam pendidikan seni.

Menurut Emanuel Kant pengertian pendidikan seni yakni rasionalisasi, seni ialah keindahan. Keindahan yaitu sesuatu yang bisa diukur menggunakan alat tertentu dan sesuai kebutuhan. Rasionalisasi keindahan bisa dilihat dari susunan, keseimbangan, maupun maknanya. Ketiganya merupakan prinsip dalam menciptakan karya sebuah seni.

Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa pengertian pendidikan seni adalah berkaitan dengan keindahan hasil karya yang dibuat seseorang. Melalui pengalaman anak bisa menuangkan ide gagasannya ke dalam karya seni. Pendidikan seni bisa menjadikan otak kanan dan otak kiri berkembang secara baik. 

Pendidikan seni dalam penelitian merupakan pendidikan seni rupa yang berupa seni lukis. Pada kegiatan seni melukis merupakan ungkapan melalui simbol-simbol yang mempunyai makna terhadap objek yang dihasilkan. Fantasi, sensitivitas, kreativitas dan ekspresi juga semua itu terbentuk pada pendidikan seni. Pendidikan seni haruslah dipupuk mulai sejak dini supaya berkembang secara optimal.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa pendidikan seni digunakan sebagai alat pendidikan. Pendidikan seni rupa merupakan menanamkan kesadaran budaya lokal, mengembangkan keterampilan menggambar, menyediakan kesempatan mengaktualisasikan diri, mengembangkan kemampuan apreasiasi seni rupa, mengembangkan penguasaan disiplin ilmu seni rupa, dan mempromosikan gagasan multikultural.

Itulah pembahasan mengenai pendidikan seni. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here